Sabtu, 10 Oktober 2015

Bahasa Rakitan #8 / Cetak Karakater Berwarna
http://mardziyant.files.wordpress.com/2012/09/col_char.png?w=450“Bikin Hidup Lebih Hidup” kurang lebihnya seperti itulah kalimat yang pernah terpampang di sebuah iklan yang sekarang sudah jarang sekali muncul. empat kata itu sebetulnya punya makna yang bisa buat hidup kita lebih bersemangat, karena setiap masalah yang muncul dalam hidup kita diposisikan sebagai pewarna hidup. hidup tanpa warna bagaikan langit tanpa semburat jingga dan bagaikan setelah hujan tanpa pelangi ;-)
Nah..semoga dengan pembahasan kali ini pun bisa seperti itu, karena yang akan kita bahas kali ini adalah tentang warna. munculkan karakter saja banyak codenya, apalagi munculkan warna. sulitkah ?
Dalam bahasa rakitan, memunculkan karakter atau kata atau kalimat berwarna termasuk hal yang mudah, semudah kita menghitamkan kulit (dibanding memutihkan :-) ).
Warna yang dimaksud disini bukan hanya warna dari teksnya saja, tapi akan termasuk juga latar belakangnya. untuk bisa mengeluarkan karakter berwarna, coba anda tuliskan code ini :
http://mardziyant.files.wordpress.com/2012/09/code_col.png?w=450
Interupt 10h – Service 09h
AH = Isikan nomor service (09h)
AL = Isikan karakter yang akan dicetak
BH = Nomor Halaman (default 00)
BL = Berisi atribut dari karakter
http://mardziyant.files.wordpress.com/2012/09/atr.png?w=450
Keterangan :
BL = Blink ( bekedip )
R = Merah
G = Hijau
B = Biru
I = Intensitas Warna
semua bit hanya bernilai 1 dan 0 saja. jika kita ingin mengatifkan bit yang bersangkutan maka kita berikan nilai 1 pada bit tersebut, demikian pula sebaliknya jika kita ingin mematikan bit tersebut.
misalkan kita ingin memunculkan karakter yang berlatar belakangbiru karakter berwarna merah berintensitas tinggi maka nilai yang kita berikan pada BL adalah 00011100b.

Sebagai percobaan, coba susun code yang dapat memunculkan karakter berwarna hijau dengan latar belakang merah, intensitas rendah dan berkedip

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar